5 Oleh-oleh Khas Medan yang Wajib Dibawa Pulang

Medan memilliki banyak tempat wisata yang sangat layak untuk dikunjungi, mengunjungi Kota Melayu Deli tanpa datang ke Danau Toba rasanya tak lengkap, sama seperti pulang dari Medan tak membawa oleh-oleh Bika Ambon.

Namun sebelum Anda terbang ke Medan, jangan lupa untuk menyiapkan tiket perjalan, pilih maskapai yang memberikan harga terbaik juga kemudahan dalam pembelian seperti pada Air Asia online booking. Pembelian tiket menjadi lebih praktis.

Sudah menjadi rahasia umum jika medan merupakan salah satu ‘surga’ pecinta kuliner Indonesia, dengan ragam makanan yang menggoyang lidah. Dan berikut 5 oleh-oleh khas medan yang wajib Anda bawa pulang ke rumah.

Bolu Meranti

sumber: pesonanusantara

Jika ke Medan, bolu ini yang paling diburu. Selain karena rasanya yang enak, bolu ini juga memiliki ragam varian seperi coklat, keju, blueberry, nanas, strawberry, kacang dan moka. Selain itu, ada juga produk bolu gulung 3 in 1 yang terdiri dari tiga rasa, cokelat, keju, dan blueberry.

Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau yaitu Rp. 60.000/ kotak (harga dapat berubah sewaktu-watu). Selain bolu meranti, Anda juga bisa membeli kue lainnya di gerai Bolu Meranti di Jalan Kruing No 2K dan Jalan Sisingamangaraja No 19B.

Manisan Jambu

sumber: dutamedan

Dengan mudah Anda dapat menemukan penjual manisan Jambu ini. Diolah dari jambu biji besar, manisan ini memiliki rasa yang renyah, segar dan tentunya nikmat. Jadi, rasanya akan sayang jika Anda tak membawa manisan jambu ini sebagai oleh-oleh.

Meski dengan mudah didapat, namun manisan yang terkenal adalah manisan jambu adalah Toko Aguan yang terletak di Jalan Kruing No 3D.

Teri Medan

sumber: vemale

Ikan teri memang menjadi makanan favorit warga medan, sehingga dengan mudah bisa Anda dapatkan baik di pasar tradisional, atau di toko-toko yang menjual teri ini. Rata-rata yang dijual adalah jenis ikan teri tauge Medan dan ikan teri nasi Medan.

Biasanya para wisatawan membeli teri mentah, tapi ada juga yang membeli teri olahan karena lebih praktis. Salah satu yang terkenal adalah Teri Bajak Medan. Ikan teri dikemas menjadi sambal dengan berbagai rasa. Seperti sambal cabai rawit dan cabai merah. Untuk menjadikan produk ini oleh-oleh Anda bisa mendapatkannya di oleh-oleh satu ini bisa kamu dapatkan di Toko Nusantara, Jalan T. Amir Hamzah No 17.

Sudah tak sabar mencoba sambal teri Medan? Segera buka Traveloka dan pilih Air Asia online booking untuk memudahkan pembelian tiket pesawat Anda.

Sirup Buah Markisa

sumber: markisamedan

Selain teri Medan, Ibu kota Sumatera Utara ini juga memiliki minuman khas yang sering dijadikan oleh-oleh, yaitu sirup markisa. Minuman ini dikenal karena rasanya yang manis dan kesegarannya. Buah Markisa hanya tumbuh di Dataran Tinggi Karo, Berastagi, sehingga buah ini menjadi produk unggulan wilayah tersebut.

Bika Ambon

sumber: wikipedia

Mungkin pertanyaan ini pernah terlintas di benak Anda, mengapa kue ini menyandang nama Ambon  yang mejadi salah satu Ibu Kota Provinsi di Indonesia, padahal berasal dari Medan?

Banyak persepsi mengenai mengapa kue ini diberi nama bika Ambon. Cerita yang pertama mengatakan, Bika Ambon dinamai demikian karena tempat pertama kali dijual dan popularnya Bika Ambon adalah di simpang Jl. Ambon Sei Kera Medan.

Dari sumber lain mengatakan nama ini berasal dari seorang warga Ambon yang merantau ke Malaysia dengan membawa kue bika. Setelah tahu rasanya enak, orang tersebut tidak kembali ke Ambon lagi, tetapi singgah di Medan. Sehingga sejak empat puluh tahun lalu Bika Ambon jadi sangat terkenal di Medan.

Semakin tertarik atau malah rindu dengan makanan khas Medan ini? Segera pesan Air Asia online booking di https://www.traveloka.com/airasia .

Bagikan ke

8 thoughts on “5 Oleh-oleh Khas Medan yang Wajib Dibawa Pulang

  1. Nah … teri Medan yang paling populer,mas.
    Dikota manapun, teri Medan yang seringkali dicari orang.
    Pastinya, kalo di Medan rasa terinya lebih fresh ya karena langsung dari asalnya.

    Thanks infonya ya, suatu saat kesampaian travelling ke Medan bisa mampir ke toko Nusantara.

  2. Aku paling suka manisan jambu kak.. Uh segarnyaa, aplaagi medan katanya lumayan agak panas ya kak? Saya syuka dengan yang berbau buah2an.. Enak bangettt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.