5 Wisata Wajib di Bangka Belitung Saat Pergantian Tahun

“Tahun baru mau ke mana nih?”

Di penghujung tahun pasti pertanyaan itu akan muncul, entah dari datang dari anggota keluarga atau sahabat. Nah, saat pertanyaan ini muncul, mungkin kamu bisa menjawabnya dengan lantang “Ke Bangka Belitung saja yuk!”.

Tahukah kamu? Sampai saat ini ternyata masih banyak lho orang yang salah mengira kalau Bangka Belitung dan Belitung adalah sama dan satu pulau, padahal Bangka Belitung dan Belitung merupakan dua pulau yang terpisah yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama Pulau Bangka Belitung dan Pulau Belitung, serta pulau-pulau kecil lainnya seperti Pulau Lepar, Pulau Pongok dan pulau lainnya yang berjumlah 470 pulau.

Tempat wisata di Bangka Belitung memang tak kalah indah dengan tempat wisata di  Bangka Belitung, begitupun sebaliknya.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari situs yang memberikan kemudahan untuk cari hotel termurah di Yogyakarta, serta destinasi lainnya, Reservasi.com, berikut tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib kamu datangi untuk merayakan pergantian tahun.

  1. Pantai Matras

Bisa dibilang, Pantai Matras jadi salah satu pantai yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Pantai ini hadir dengan hamparan pasir putih, laut yang biru dan biota laut yang beragam.

  • Tiket Masuk : Rp5.000;
  • Lokasi : Terletak di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, sebelah timur Pulau Bangka. Berjarak 40 km dari Pangkal Pinang dan 7 km dari Kota Sungailiat.
  1. Camoi Aek Biru

Tak hanya Belitung saja yang punya danau mini yang berwarna hijau berkas galian tambah timah, namun Bangka Belitung juga punya, dengan nama Camoi Aek Biru.

  • Camoi Aek Biru berada di Desa Air Bara, kecamatan Air Gegas, kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
  1. Pulau Lengkuas

Tak lengkap rasanya jika liburan ke Bangka Belitung, tapi enggak berkunjung ke Pulau Lengkuas.

Pulau Lengkuas adalah pulau kecil dengan keindahan hamparan laut biru nan jernih yang bertabur bebatuan granit nan eksotik.

Keberadaan mercusuar peninggalan Belanda yang dibangun tahun 1882 menjadikan pulau ini tampak berbeda dari pulau-pulau lainnya, Dari atas mercusuar setinggi 50 meter, kamu bisa menyaksikan langsung keindahan pemandangan laut Bangka.

Akses menuju Pulau Lengkuas :

  • Untuk menuju Pulau Lengkuas, kamu bisa menyewa perahu nelayan dari beberapa tempat, yaitu Tanjung Kelayang, Tanjung Binga, atau Tanjung Tinggi.
  • Waktu tempuh, jika naik perahu dari Tanjung Kelayang ke Pulau Lengkuas memakan waktu sekitar 20 menit.
  • Sementara itu, membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit jika naik perahu dari Tanjung Binga atau Tanjung Tinggi. Tarif sewa perahu nelayan berkapasitas lebih dari sepuluh orang adalah Rp350.000,-Rp500.000.
  1. Kota Tua Muntok

Bangka Belitung tak hanya punya wisata bahari yang cantik dan menakjubkan, namun juga punya wisata sejarah nan mengaggumkan yaitu wisata sejarah kota tua Muntok.

Saat berkunjung ke kota tua Montok kamu bisa mengunjungi kampung Melayu, Eropa dan China, serta bangunan bersejarah lainnya.

  • Lokasi : Kota Muntok adalah ibu kota Kabupaten Bangka Barat dan secara administratif berada di sebelah Barat Pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
  • Akses menuju Kota Tua Muntok :

Berjarak sekitar 140 km dari Pangkal pinang. Dari Pangkal pinang menuju Muntok dapat ditempuh dengan bus umum. Tak hanya bisa naik bis umum, tapi kamu juga bisa menggunakan travel khusus rute Pangkal Pinang – Muntok atau menyewa mobil sebagai alat transportasi alternatif.

 

  1. Pantai Parai Tenggiri

Dengan warna air laut yang hijau toska menjadikan pantai ini tampak begitu istimewa. Kontur pantainya yang landai dengan hamparan pasir putih nan halus ditambah ombak kecil akan menemani kamu selama berada di sini.

  • Lokasi : Berada di Desa Sinar Baru, Sungailiat, Bangka Belitung
  • Akses menuju Pantai Parai Tenggiri: Jika ingin menggunakan angkutan umum, dari Pangkal Pinang, kamu bisa naik angkutan kota jenis Colt, jurusan Pangkal Pinang – Sungailiat dengan ongkos Rp6.000.

Dari Sungailiat perjalanan diteruskan dengan menggunakan becak motor ke kawasan Pantai Parai Tenggiri dengan biaya Rp40.000 untuk rute pergi-pulang.

  • Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Parai Tenggiri : Memancing, berenang, parasailing, diving, snorkeling adalah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan saat sedang menghabiskan pergantian tahun baru di Bangka.

Jadi gimana sudah siap untuk liburan ke Bangka Belitung?

Nah, untuk kamu yang lagi mencari tiket pesawat, seperti tiket pesawat Batik Air, Garuda Indonesia, Nam Air, Air Asia, serta maskapai penerbangan lainnya. Dapatkan diskon hingga Rp1 Juta di Reservasi.com. Buruan, diskon terbatas!

 

Bagikan ke

28 thoughts on “5 Wisata Wajib di Bangka Belitung Saat Pergantian Tahun

  1. Aku belum sempat2 juga ke sana (baca beluk terkumpul uang)

    Semoga segera, aamiin. Habis mupeng mas kalau lihat destinasi wisatanya keren2 ih

  2. wah iya, bentar lagi tahun baru, budget gak ada mau ngetrip, ikut kompetisi blog kalah terus, nasib belum beruntung. Tapi tempat ini memang keren untuk dikunjungi. Camkoha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*