Ayo Dukung 2 Objek Wisata Bengkulu di API 2018!

Bukit Kandis dan Rumah Bung Karno, objek wisata Bengkulu yang masuk dalam Nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2018. (foto: Ist)

jalanjalankitadotcom – Provinsi Bengkulu kembali bersaing dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2018 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata RI.

Bila tahun lalu Teh Olong (Kepahiang) dan Pantai Teluk Sepang yang bersaing dalam nominasi API tahun 2017, saying keduanya kalah dalam perolehan vote.

Tahun ini kembali 2 objek wisata Bengkulu masuk dalam nominasi API tahun 2018. Keduanya adalah Bukit Kandis untuk nominasi Olahraga dan Petualangan Terpopuler, serta Rumah Bung Karno pada kategori Situs Wisata Sejarah Terpopular.

Lalu dimana letak kedua objek Wisata Bengkulu tersebut?

Untuk objek wisata Bukit Kandis yang masuk dalam nominasi Olahraga dan Petualangan Populer, merupakan salah satu objek wisata unggulan di Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah.

Bukit Kandis, objek wisata Bengkulu sekaligus lokasi olahraga panjat tebing terpopuler di Bengkulu. (foto: Ist)

Letaknya hanya sekitar 30 menit perjalanan darat dari ibukota Provinsi Bengkulu, Kota Bengkulu, dan hanya sekitar 2 kilometer dari tepi jalan raya.

Selain menjadi lokasi favorit para penggiat olahrahraga panjat tebing, Bukit Kandis juga sering menjadi lokasi berbagai event promosi daerah, baik dalam bentuk olahraga ekstreme seperti offroad maupun agenda daerah lainnya.

Ini karena Bukit Kandis, memang menjadi salah satu ikon utama dari Kabupaten Bengkulu Tengah.

Sementara Rumah Bung Karno, tentu tak asing lagi bagi mayoritas masyarakat Bengkulu. Objek wisata Bengkulu yang satu ini, merupakan salah satu saksi tonggak sejarah perjalanan Bangsa Indonesia.

Rumah Bung Karno, salah satu destinasi wisata Bengkulu yang masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2018. (foto: Ist)

Saat diasingkan dan menempati rumah inilah, Soekarno bertemu dengan the first Lady Indonesia sekaligus penjahit sang Saka Merah Putih yang dikibarkan saat proklamasi 17 Agustus 1945, yakni ibu Fatmawati Soekarno Putri.

Ini karena jarak rumah Bung Karno dengan rumah orang Fatmawati di Bengkulu, hanya sekitar 1 kilometer.

Momentum API tahun 2018 ini, diharapkan mampu mengangkat popularitas wisata Bengkulu khususnya kedua objek yang masuk nominasi tersebut dalam kancah promosi wisata nasional.

Terlebih Bengkulu juga punya agenda besar dalam mensuksesna program wisata Bengkulu, yakni Visit Wonderful Bengkulu 2020.

Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, berharap agar seluruh masyarakat tak lagi menyia-nyiakan kesempatan berharga ini, dengan memberikan dukungan dengan mengajak seluruh keluarga dan relasi untuk memberikan vote bagi Bukit Kandis dan Rumah Bung Karno.

Rohidin Mersyah juga berharap besar pada peran-peran komunitas dan aktivis media social di Bengkulu, untuk aktiv memviralkan kedua objek wisata tersebut, khususnya dalam dukungan vote.

Anugerah Pesona Indonesia sendiri, merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang digelar Kemenpar dalam upaya membangkitkan apresiasi serta promosi objek-objek wisata di daerah yang selama ini kalah pamor dengan Bali dan lainnya.

 

Bagikan ke

6 thoughts on “Ayo Dukung 2 Objek Wisata Bengkulu di API 2018!

  1. Howaaaa .. udah slim ini body,mas … 😁
    Tapi boleh juga ideanya … aku akan latihan manjat-manjat biar ntar dapet kesempatan liburan ke bukit Kandis udah terampil …. dan tampil ngga malu-maluin.

    Mas Prio juga latihan panjang tebing tuuuh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.