Harkopnas ke-70, Ini Dia Rumus Jadi Pengusaha Sukses

 

Narasumber, pengusaha muda, anggota DPD RI Dapil Bengkulu, Kadiskop UKM Prov. Bengkulu dan jajaran berpose bersama usai seminar dalam rangka hari koperasi ke-70 yang digelar Kamis (27/7) lalu.

jalanjalankitadotcom – Spesial kali ini tapi gak pake telor yah haha, kita capcus dulu menjelma sebgaia peserta sebuah seminar usaha dalam rangka Dirgahayu Koperasi Indonesia (Harkopnas) ke-70, yang digelar Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bengkulu.

Beuhhh gak kebayangkan tampilan kudel ane yang nongol di acara resmi beginian wkwk…ane saja sempat bingung ini mesti pegimana ya kostum mengkostumnya, lah biasanya cuman oblongan doank hahaha. ๐Ÿ˜€ย  ๐Ÿ˜†ย  ๐Ÿ˜ฎ

(Baca juga:ย Kunci Sukses, UKM Bengkulu Wajib Gaul di Sosmed)

Tapi, karena ada embel-embel judulnya seminar buat para pengusaha dan UKM, serta bakal datengnya beberapa narasumber keren, kita bela-belain deh untuk hadir, yah meski dengan gaya khas selonong boy nya jurnalis blogger yang kadan duduk ntah dimana pas berdiri keliatan mukanya dimana hahaha. ๐Ÿ˜€ย  ๐Ÿ˜€

“Membangun Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah yang Sehat dan Mandiri” hemmm…ini temanya berat amat yah, yah gimana gak berat kalo bagi kita blogger yang belum ngeh ama dunia giat menggiat usaha dan UKM hehehe.

Tapi aseli gak nyesel guys setelah hadir di seminar ini, ada banyak sedekah ilmu kehidupan yang gak bakal bisa kita dapetkan sembarangan di tempat lain. Ini ilmu-ilmu langka coy yang dibagiin para narsumnya.

Nah pesertanya membludak gila kan hehe, seminarnya sih memang keren coy.

Jadilah aen yang rencana mau bertahan setengah ampe satu jam setelah pembukaan, eh malah mantengin seluruh rangkaian acara ampe selesai, bahkan ampe sesi narsis barengnya huakkakakaka.

Karena jalanjalan butuh modal keuangan dan ketenangan biar gak kehabisan bekal di jalan, jadi @jalanjalankitadotcoom dan sobat blogger semua, memang harus ikut kelas jadi pengusaha MKM dan koperasi ini dulu ya, atau kalo udah terlewat, wajib baca ringkasan ini heheย  ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž

Ada 4 sosok keren mulai dari pengusaha muda Jakarta Wicaksono, pengusaha besar asal Bengkulu dan sekaligus anggota DPD RI Dapil yakni Muhammad Soleh, lalu juragannya Dewan Koperasi Indonesia pak Agung Sudjatmoko yang merupakan Ketua Harian Dekopin, serta ada sosok perintis koperasi teladan asal Mukomuko pak Budiono.

Nah ini dia pak Wicaksono (kemeja mutih-merah), salah seorang pengusaha muda yang sukses mengantar salah satu perusahaannya melantai di BEJ. Kalo yang kiri kanannya itu doain jadi pengusaha sukses juga yah..aamiinnn hehehe.

Ini baru pemateri nya brow, belum yang bukaain ceremony agendanya, beuhh gak kalah keren can jempolan. Ada wejangan yahud dari Staf Ahli Gubernur bidang Ekonomi Pembangunan Pak Ricky Gunarwan, lalu ketua Dekopin nya Bengkulu itu dia pak Bando Amin C. Kader serta Kadis Koperasi UKM Bengkulu, Hj. Yuliswani, SE MM.

Ada banyak ilmu dan motivasi yang kami dapat di sini, salah satunya itu soal rumus jadi pengusaha sukses. Makanya yang hadir ini mayoritas adalah para pengusaha, pengurus koperasi dan UKM se-provinsi Bengkulu.

Saking banyaknya peserta, itu aula Pola Bappeda Pemprov Bengkulu ampe full, dan kamipun kemudian memilih lebih nyaman duduk lesehan (dekat AC gueedee githuu, lah wong panas coy haha).

So, kita ringkas aja ya men ke petuah masing-masing narsum kece kita kali ini, pertama nih ada Ketua Dewan Pembina Koperasi Bengkulu, Bando Amin C. Kader. Menurut beliau, untuk menjadi pengusaha itu kita harus berani.

Oleh karena ini, sebagai bentuk keseriusan wadah koperasi Bengkulu, ia menyatakan Bengkulu mengajukan diri jadi tuan rumah penyelenggaraan Harkopnas ke-72 di tahun 2019 mendatang.

“Bila perlu kita buat entrepreneur -entrepreneur muda, kita latih mahasiswa bila perlu, karena 9 dari 10 rezeki itu ada sektor swasta” ungkap Bando Amin bersemangat.

Nah apa yang disampaikan Bando Amin ini, langsung disambut oleh Kadis Koperasi UKM Provinsi Bengkulu, Yuliswani.

Yuliswani menegaskan, Bengkulu sudah siap dan ia sangat optimis Bengkulu mampu menjadi tuan rumah Harkopnas ke-72 sebagaimana yang diharapkan. Hal ini berangkat dari beberapa pengalaman Bengkulu, menjadi tuan rumah beberapa event nasional selama ini.

Pesan penting disampaikan Staf Ahli Gubernur bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ricky Gunarwan. Ricky menyoroti terlalu banyaknya usaha retail besar yang membuka cabang di Bengkulu. Ia menegaskan hal ini justru berimbas buruk bagi para pengusaha dan pelaku ekonomi kecil di Bengkulu.

“Usaha besar jangan sampai meniadakan atau menghilangkan usaha kecil. Saat ini ada beberapa usaha besar di Bengkulu yang tengah menjamur. Bagaimanapun usaha kecil dan koperasi, harus terus maju di Provinsi Bengkulu. ” demikian pesan pak Plt Gubernur tegas Ricky Gunarwan.

Nah ini men, bagian bagian keren dari seminar ini. yakni narsum-narsum super kece yang hadir, mulai dari Mohammad Soleh, pemilik 500-an cabang toko elektronik se-Indonesia sekaligus anggota DPD RI Dapil Bengkulu. Terus masih ada si pengusaha muda nan nyentrik, yakni Wicaksono yang baru berusia 35 tahun, tapi salah satu perusahaan yang dibangunnya 12 tahun lalu, kini sukses melantai di Bursa Efek Jakarta. Hemm catatan yang terakhir ini bikin ngiler hahaha.

Nah balik soal rumus jadi pengusaha sukses tadi itu, kedua narsum kita ini punya sudut pandang tajamnya masing-masing guys, meskipun secara garis besar prinsipnya sejalan.

Pak Mohammad Soleh misalnya, menegaskan modal utama pengusaha sukses itu adalah kejujuran. Tanpa kejujuran, mustahil menurutnya akan lahir kepercayaan, yang mana dari kepercayaan inilah yang akan melahirkan berkah sukses lainnya.

Menjadi blogger, semoga menjadi salah satu pintu menuju pengusaha yang sukses juga hehehe.

“Rumus pengusaha sukses itu ada 4. Pertama, Kerja keras. Kedua kerja lebih keras. Ketiga Kerja lebih keras lagi, dan keempat, mungkin hoki.” jelas Soleh sambil tersenyum.

Soleh menegaskan menjadi pengusaha, tidak boleh fobia dengan perubahan, karena perubahan itu pasti datang.

“Perubahan itu tidak selalu baik, tapi kita harus berubah untuk menjadi baik.” tegas Mohamad Soleh.

Sementara Wicaksono, meski masih muda namun wejangan yang ia berikan lebih banyak terkait soal kebijaksanaan dan faktor hubungan manusia dengan prinsip berbagi pada sesama.

“Jangan takut hadapi masalah, karena semuanya itu soal effort. Terus perbanyak zakat, karena prinsip saya semakin banyak memberi, maka akan semakin banyak manfaat yang bisa kita berikan untuk orang lain, dan disaat itu pula pintu-pintu rejeki akan terbuka.” ungkap Wicaksono yang kini juga tengah mempersiapkan investasi nya di Provinsi Bengkulu, tepatnya di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Terkait soal koperasi yang kini mayoritas mati suri di hampir banyak wilayah di Indonesia, Ketua Harian Dewan Koperasi Indonesia, Agung Sudjatmoko menyebut, semuanya hanya karena kurangnya inovasi serta kemauan untuk mengikuti perkembangan yang ada.

Koperasi menurutnya harus melakukan modernisasi, agar tak kalah dengan waralaba seperti minimarket Alfa__rt dan Indo__ret yang kini menjamur di mana-mana.

“Kita butuh pengusaha pengusaha muda, yang mengembangkan bisnis manajemen Koperasi yang lebih modern. Harus ada modernisasi manajemen koperasi.” jelas Agung yang menjadi aktifis Koperasi sejak duduk di bangku kuliah.

Wahh ane malah sibuk ama yang formil formilnya yah hahaha…yah intinya itu semua deh, campur aduk haha. But jelas sangat tidak rugi sudah datang di seminar ini, dan seharusnya kegiatan seperti ini nih yang diperbanyak dan diperluas jangkauannya, khususnya kaum muda baik pelajar maupun mahasiswa.

Jadi nanti para blogger-blogger muda yang lahir, juga berkembang sekaligus menjadi pengusaha karena memang sudha dibekali ilmu dan prinsip-prinsip wirausaha.

Bener gak sob, doain kita-kita para blogger Bengkulu juga menjadi pengusaha-pengusaha sukses yah, aamiinnnnnn….

  • Artikel ini dibuat berkenaan agenda #BloggerBengkulu bersama Diskop UKM Provinsi Bengkulu bersaman dengan peringatan HARKOPNAS ke-70 di Bengkulu #UkmBengkuluNaikKelasย 
Bagikan ke

10 thoughts on “Harkopnas ke-70, Ini Dia Rumus Jadi Pengusaha Sukses

  1. Sering-sering aja diskop melakukan kegiatan ini, seminar ataupun bazar, biar UKM Bengkulu bisa maju dan dilirik Nasinal hingga mancanegara,,, CAMKOHA ๐Ÿ˜€

  2. Pamaterinya top banget dah,,, semoga ilmunya dpat diterapkan oleh temen” UKM Bengkulu agar dapat Naik kelas dari mikro menjadi makro, sukses slalu buat pengusaha Bengkulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*