Ini Dia 7 Oleh-oleh Kuliner Wajib dari Bengkulu

Kalu sudah ke Pantai Panjang, tak lengkap rasanya bila tanpa membawa 7 oleh-oleh kuliner wajib dari Bengkulu guys.

jalanjalankitadotcom – Tak lengkap rasanya bila sudah jalan-jalan dan berkunjung ke banyak tempat, tanpa mencicip dan membawa oleh-oleh khususnya kuliner. Tentu kurang maknyus jalan-jalan di Pantai Panjang-nya, bila tak membawa oleh-oleh khas dari  Bumi Raflesia ini tentunya bukan.

Nah bicara soal oleh-oleh kuliner dari Bengkulu, Kita bakal nemukan banyak sekali pilihan sob, ampe bingung mau milihnya. Nah untuk itu, kali ini ane akan kasih sedikit recomended, agar kamu gak repot bin pusing muter-muter nyari oleh-oleh khasnya Bengkulu.

Karena ane bilang Bengkulu, tentu olahan oleh-oleh kuliner kali ini, tak hanya dari Kota Bengkulu guys, tapi juga harus bisa mewakili beberapa kabupaten yang ada. Ini karena beberapa daerah di sini, terkenal dengan ciri khas oleh-olehnya yang berbeda brow.

(Baca juga: Malabero, Sentra Segala Ikan Asin Bengkulu)

Ane sebut aja nih kayak Kabupaten Kaur. Kabupaten ini sudah sejak lama terkenal dengan aneka olahan makanan berbahan baku utama Gurita. Kalo ikan mah udah biasa, ini gak tanggung-tanggung men, gurita pun dijadiin makanan, hebat tuh kan.

Nah belum lagi beberapa kuliner khas lainnya, yang lengkapnya ane ramu dalam Ini Dia 7 Oleh-oleh Kuliner Wajib dari Bengkulu, cekidot guysssss……

  1. Kerupuk Gurita

Nah berhubung udah pertama kali disinggung, jadi bagian awal ulasan ini langsung kita basmi ehh bahas soal olahan si gurita ya guys.

Di daerah asalnya sono, tuh Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu, warga di sana udah gak serem apalagi takut ama namanya gurita. Tapi ya guritanya yang masih kecil-kecil gitu sob, kalo gede mah tetep aja serem kan hahaha.

Kerupuk Gurita, salah satu oleh-oleh kuliner khas dari Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu.

Nah karena memang warga di sana mayoritas tinggal di wilayah pesisir, maka ada begitu banyak olahan makanan berbahan baku hasil-hasil laut, salah satunya makhluk lidah tak bertulang ehhh salah makhluk tak bertulang ini maksudnya haha.

Gurita yang tampilannya serem gitu, oleh warga sono disulap jadi aneka makanan yang dijamin bikin loe bisa naik spaning (kalu gak boleh nambah hahaha).

Ane yang hobinya makan tongseng dan soto gurita, langsung sumringah bukan kepalang, waktu nemu kuliner Kerupuk Gurita. (gilaa, Gurita dijadiian kerupuk? saraf tuh orang kali ya hahahaa, becanda sob).

Kuliner yang satu ini, memiliki dua sajian rasa yakni rasa original dan pedas.

Kerupuk Gurita

Tersedia dalam dua rasa, original dan pedas

Diproduksi oleh Home Industri JPS, Desa Jembatan Dua Kecamatan Kaur Selatan

Telp: 0812-7849-1812
  1. Ikan Kering JN

Masih berbahan baku hasil laut. Nah kalo yang ini, adalah oleh-oleh kuliner olahan, yang sengaja disiapkan, agar bisa kita sajikan dalam berbagai bentuk olahan makanan sesuai selera masing-masing.

Ikan Teri Putih dan Ikan Teri Bengkulu, salah satu hasil kreasi Usaha Ikan Kering JN “Juniarti” asal Bengkulu Tengah.

Bedanya oleh-oleh ini bukan dari Kabupaten Kaur, melainkan hasil kerja kreatif perajin asal Kabupaten Bengkulu Tengah, yang lokasinya hanya beberapa menit dari pusat Kota Bengkulu.

Adalah Ikan Kering JN alias Usaha Ikan Kering Juniarti, yang beralamat di  Jalan Sungai Hitam RT 12 No 23. Desa Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kelapa Bengkulu Tengah.

Diantara produk ikan olahan dari Ikan Kering JN, adalah Ikan Teri Bengkulu dan Ikan Teri Putih yang dijual masing-masing Rp 15 ribu untuk Ikan Teri Bengkulu dan Rp 20 Ribu untuk Ikan Teri Putih, masing-masing dengan kemasan 250 gram.

Varian lain yang juga menjadi salah satu andalan, adalah Ikan Kering Glebreran (penamaan lokal, ane lupa nanya penamaan dalam bahasa Indonesianya hehehe).

Menurut doski, Ikan Kering Gleberan jadi salah satu request sejumlah pelanggan, yang biasanya sudah memesan jauh-jauh hari sebelum kembali berangkat dan meninggalkan Bengkulu. Maklum saja, untuk mendapatkan ikan ini memang mudah-mudah susah, terlebih JN tau mau menggunakan sembarang ikan, dan hanya mau menerima pasokan ikan-ikan segar untuk diolah.

Nah ini dia juragan Ikan Kering JN nya sob (jilbab motif), jadi kalo nanti ke mau order, boleh nih diingat-ingat wajahnya biar dapat diskon hehehe.
Usaha Ikan Kering JN

Jl. Sungai Hitam RT 12 No. 23 Desa Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah.

HP: 0823 - 8130 - 2153
  1. Pisang Salai Koperasi Sahabat Kita

Bagian ini kita akan bahas sajian olahan kuliner siap santap, yang dijamin bikin lidah dan perut berasa makin manja brow, ya iyalah secara kan makan coklat, pasti sahdu-sahdu gimana gituhu pikiran kita kan, bawaannya pasti anteng githu dah pokoke.

Pisang Salai Koperasi Sahabat Kita, salah satu kuliner ringan yang bikin lidah manja dan pengen lagi lagi dan lagi hehehe.

Nah nama  oleh-olehnya adalah Pisang Salai Koperasi Sahabat Kita, dan yang paling gua dan istri demenin itu, yang rasa coklatnya sob, josssss bingits dah hahaha.

Kuliner satu ini, merupakan produksi Koperasi Sahabat Kita, di Desa Pondok Kubang Kecamatan Pondok Kubang, Bengkulu Tengah. Kalo mau berburu ke lokasinya, kamu bisa minta tourguid buat nganterin ke lokasi ini, secara dari pusat Kota Bengkulu jaraknya juga paling cuman sekitar 20 menit perjalanan.

Dan kalo mau mborong (beli dalam partai besar), tentu bakal dapat diskon khusus deh. Tapi kalo gak mau rempong, cukup pencet tombol smartphone, dan hubungi sang juragan Pisang Salai Bengkulu ini, di nomor 0852 – 6896 – 8262. Atau bisa juga langsung inbox whats app di nomor tadi sob, keren dan gaul punya kan perajin sekarang hehehe.

Pisang Salai Koperasi Sahabat Kita

Diproduksi oleh Koperasi Sahabat Kita, Desa Pondok Kubang Kec. Pondok Kubang Kab. Bengkulu Tengah, HP/WA : 0852 - 6896 - 8262.
  1. Jeruk Kalamansi Sahabat Kita

Lelah mengunyah dan haus, saatnya kita bahas bagian penyegar dan penghilang dahaga guys. Sajian olahan minuman berikut ini, dijamin makin memanjakan lidah dan bikin ademmmm (sajian dingin), atau mau dibuat versi hangat juga cucok bo’, mana suka dah hahaha.

Sirup Kalamansi, udah lama ngehits guys sebagai salah satu sajian wajib jamuan daerah dan jadi salah satu oleh-oleh wajib yang disertakan.

Jeruk Kalamansi Sahabat Kita, salah satu pilihan utama oleh-oleh sirup jeruk kalamansinya Bengkulu.

Karena memang didukung oleh pemerintah daerah dalam pengembangannya, di Kota Bengkulu dan Bengkulu Tengah saat ini sudah banyak bermunculan berbagai industri olahan maupun lahan perkebunan jeruk kalamansi.

Dari begitu banyak produk olahan sirup ataupun biang sirup jeruk Kalamansi, yang menjadi salah satu rekomendasi kami, adalah Sirup Kalamansi Sahabat Kita.

Ini karena memang produk ini, dihasilkan salah satu perintis industru sirup jeruk Kalamansi di Bengkulu ini guys.

Bicara cara penyajian sirup kalamansi, ada begitu banyak pilihannya guys, tentu sobat travellers punya cara favorit masing-masing yah, mulai dari sajian minuman dingin, sirup hangat, atau bahkan dikolaborasikan dengan olahan makanan lainnya.

Nah untuk urusan pemesanannya, bisa kontak langsung Koperasi Sahabat Kita guys, yakni Ibu Endarwati Muksin di nomor telpon sekaligus WA, 0852-6896-8262.

  1. Keripik Ikan Beledang

Berhubung sudah seger-segeran, saat ini kita kembali bahas kuliner makanan brow. Kali ini cukup unik dan bisa dibilang salah satu khasnya Bengkulu.

Bila kota Palembang terkenal dengan Kerupuknya, nah Bengkulu punya namanya Keripik Ikan Beledang.

Ikan Beledang sendiri, adalah ikan layur yang mudah dikenal dari bentuknya yang panjang dan ramping. Ikan ini tersebar di perairan tropika maupun sedang.

Keripik Ikan Beledang, dibuat dari ikan layur yang memang banyak ditemukan di perairan laut tropis yang hangat. Crispy nya keripik Beledang ini, makin lengkap rasanya bila dipadu dengan minuman hangat atau dingin sirup Kalamansi Sahabat Kita.

Olahan dari ikan ini khususnya yang berbentuk keripik hasil kreasi Pelagi Food Bengkulu, memang sangat renyah dan kressh di mulut brow. Ini karena sajiannya memang dikemas dalam versi krispi, sehingga cocok banget untuk dijadikan makanan cemilan dalam perjalanan maupun di sela-sela bekerja.

Untuk mendapatkan produk ini, kita bisa mencarinya di sejumlah gerai oleh-oleh di Kota Bengkulu, atau bila mau mendapatkan pengalaman hunting kuliner yang beda, bisa berkunjung langsung ke kawasan Jalan Nuri Kelurahan Kebun Geran.

Keripik Ikan Beledang

Diproduksi oleh Pelangi Food Bengkulu, Jalan Nuri RT 5 No. 5 Kelurahan Kebun Gerand Kota Bengkulu, HP : 0812-7847-0473.
  1. Kopi Naga Rantai

Sebagai salah satu penikmat kopi tapi belum gila-gila amat, tentu ane wajib juga ngasih rekom oleh-oleh minuman wajib para lelaki ini, ehh wanita juga banyak sih yang hobi hehehe.

Kali ini kita akan kembali terbang ke Kabupaten Kaur, tepatnya di Desa Naga Rantai Kec. Padang Guci Hulu.

Kopi Naga Rantai, diproduksi oleh Koperasi Produsen Cahaya Sejahtera Lestari, Desa Naga Rantai Kec. Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur.

Adalah Naga Rantai Coffe, yang merupakan hasil racikan dari biji-biji kopi pilihan, tepatnya Kopi Petik Merah Pilihan.

Sajian minuman dengan aroma khasnya ini, merupakan hasil kreasi dari Koperasi Produsen Cahaya Sejahtera Lestari.

Kopi Naga Rantai

Diproduksi oleh Koperasi Produsen Cahaya Sejahtera Lestari, Desa Naga Rantai Kec. Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur.
  1. Gula Semut Aren

Nah sebagai bagian penutup, kita akan bahas minuman yang manis-manis guys. Adalah Gula Semut Aren, yang dibranding sebagai salah satu produk gula herbal yang ramah bagi para penderita gula darah.

Gula Aren merupakan bahan baku kue, dodol dan penggunaan secara luas makanan dan minuman. Gula aren kelebihannya memiliki kadar gula yang rendah, dan unsur yang bermanfaat dikonsumsi, termasuk bagi pengguna diabetes.

Gula Semut Aren, oleh-oleh khas kuliner Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong, tersedia dalam beragam ukuran termasuk sachet. Pemesanan bisa langsung menghubungi 0853-7842-7985/ 0857-6712-7299.

Gula Semut Aren saat proses produksi, dilakukan dua cara manual dan mesin, produksinya bergerombol seperti semut.

Harganya per bungkus mulai kemasan 100 gram Rp 6.000, 200 gram Rp 10.000, 400 gram Rp 15 ribu,  500 gram Rp 20 ribu, dan ini yang menarik brow, untuk pembelian satu kilo hanya di harga Rp 35 ribu.

Karena terlalu semangat mengulas Gula Aren Semut, saya sampai lupa menyebutkan alamat produsennya hehehe, efek enjoy Kopi Naga Rantai diatas sob wkwkwk.

Nah Gula Aren Semut ini, adalah salah satu oleh-oleh khas dari kota dingin Curup di Kabupaten Rejang Lebong. Tapi kalau tidak mau repot, Anda bisa langsung menghubungi nomor kontak berikut ini : 0853-7842-7985/ 0857-6712-7299.

Gula Semut Aren

Oleh-oleh khas kuliner Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong, tersedia dalam beragam ukuran termasuk sachet. Pemesanan bisa langsung menghubungi 0853-7842-7985/ 0857-6712-7299.

Nah pemirsa, demikian dulu ya ulasan kita tentang oleh-oleh wajib yang musti kamu bawa sepulang jalan-jalan dari Bengkulu. Memang belum merangkum lengkap seluruh kabupaten, tapi 7 Oleh-oleh Kuliner Wajib dari Bengkulu ini, bisa jadi rujukan utama loh, happy hunting ya guys….

Bagikan ke

12 thoughts on “Ini Dia 7 Oleh-oleh Kuliner Wajib dari Bengkulu

  1. Pengen banget bisa kesini, aku suka dengan tulisanpantai panjangnya itu, warnanya cerah cocok buat background foto. Apalagi pantainya. Semoga segera bisa ke pantai ini 🙂

      1. Iya nih, sampe-sampe aku salah fokus jadi ke pantainya. Padahal kan bahas makanan. Aku sendiri dari semua oleh-oleh Bengkulu belum pernah nyoba satupun. Jadi pengen…

        Cocok banget makan cemilan gitu dipinggir pantai ya 🙂

        1. Nah kapan ke Bengkulu nanti kami jamu dengan sirup kalamansi gan Andi hehehe…sambil santai di Pantai Panjang, pasti jossss

          Biar gak salah fokus lagi, sepertinya harus segera merapat ke Bengkulu itu gan hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*