Ini Pusat Oleh-oleh di Bengkulu

Sederet toko oleh-oleh khas Bengkulu yang ada di salah satu sisi Jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Anggut Atas Kota Bengkulu. (foto by Alfha)

jalanjalankitadotcom – Buah tangan atau sering disebut dengan oleh-oleh, memang suatu hal yang harus dibawa pulang saat sedang melakukan travelling.

Travelling ke tempat/daerah baru tentunya tak akan terasa lengkap kalo belum membawa pulang oleh-oleh. Oleh-oleh bisa diberikan kepada siapapun yang sedang menanti kita pulang.

Teman-teman yang sedang atau sudah punya planning untuk berlibur ke Bengkulu, tentunya harus tahu apa saja oleh-oleh khas Bengkulu.

Bagi sebagian wisatawan yang pernah ke Bengkulu, mungkin sudah tahu dimana dan apa saja jenis oleh-oleh khas Bengkulu tersebut. Tidak mesti kuliner atau street food, oleh-oleh juga bisa berupa benda-benda unik yang bisa dipajang nantinya.

Ada banyak pusat oleh-oleh yang tersebar di Kota Bengkulu. Salah satu tempat belanja oleh-oleh khas Bengkulu terbesar terletak di daerah Anggut. Lokasinya cukup strategis bagi pengunjung/wisatawan yang baru pertama kali ke Bengkulu.

Untuk wisatawan baru yang tiba dari Bandara. cukup sekitar 30 menit menggunakan kendaraan untuk sampai ke pusat oleh-oleh ini. Letaknya juga di pusat kota sehingga memudahkan wisatawan menemukan tempat oleh-oleh ini.

Seperti namanya pusat oleh-oleh, banyak sekali toko atau kios yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas Bengkulu. toko-toko yang berjejer hampir di sepanjang jalan Soekarno Hatta ini menyediakan makanan, minuman, dan barang-barang lainnya buatan masyarakat Bengkulu.

Kue Tart

Juada Bay Tart atau kue tart merupakan kuliner khas masyarakat Bengkulu. Hampir setiap masyarakat Bengkulu asli bisa membuat kue tart. Dan makanan ini dulunya merupakan salah satu makanan bagi para raja. Rasanya yang enak dan manis, kue ini cocok sekali dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan pecinta kuliner.

Wah kalo ini mah super lengkap stok oleh-olehnya guys, mulai dari gelamai alias lempuk sampe kue Tat (foto by Alfha Sari).

Kain Batik Besurek

Batik memang merupakan ciri khas masyarakat Indonesia. Namun Bengkulu juga memiliki batik ciri khas tersendiri, yaitu Batik Besurek. Namanya yang unik juga coraknya yang terdapat tulisan arab gundul menjadikan Batik Besurek sebagai ikon Bengkulu. Kain Batik Besurek tersedia berbagai macam motif dan warna. Wisatawan bisa membeli per meter dengan harga yang terjangkau.

Di sini juga tersedia banyak pilihan Batik Kain Besurek dengan berbagai bahan dan motif yang beraneka ragam. Selain di kawasan Anggut, ada juga pusat penjualan batik Kain Besurek di kawasan Penurunan yang jaraknya juga sangat dekat dengan Pantai Panjang.

Lempuk Durian

Rasanya yang legit dan bau wangi durian pastinya akan membuat wisatawan tergiur. Lempuk durian ini dijual dengan harga kisaran Rp. 20.000,- sampai Rp. 35.000,- tergantung ukurannya. Manis dan legit saat dicicipi bisa menjadi santapan ketika sedang bersantai di rumah atau hendak menyuguhkan tamu.

Manisan Terong

Sayuran terong biasanya dijadikan lauk seperti sambal ataupun di goreng biasa. Namun bagaimana jika terong dijadikan manisan? Masyarakat Bengkulu yang kreatif dan pintar mengolah makanan, menjadikan salah satu oleh-oleh unik khas Bengkulu yang wajib dibawa pulang kerumah, yaitu Manisan Terong.

Kebanyakan orang yang sudah mencicip manisan terong ini rasanya seperti kurma. Jadi jangan ragu untuk membeli manisan terong satu-satunya khas dari Bengkulu. Tidak hanya itu, ada juga manisan-manisan lainnya yang unik, seperti Manisan Labu Siam, manisan Rumput Laut, dan lainnya

Urusan buah tangan, kayaknya Bengkulu juga gak kalah sama daerah-daerha wisata lain di Indonesia. Di sini ada begitu banyak pilihan oleh-oleh handmade, yang dijamin gak akan ditemui di daerah lain alias khasnya Bengkulu banget deh (foto by Alfha Sari).

Pernak-pernik Handmade

Oleh-oleh juga biasanya tak pernah lepas dari kerajinan tangan. Kerajinan tangan khas Bengkulu juga banyak macamnya. Seperti gantungan kunci, dompet dan tas yang terbuat dari kulit pohon, dan lainnya.

Lukisan dengan ikon bunga Rafflesia atau baju bertuliskan Bengkulu juga dijual dengan harga yang bermacam tergantung ukuran.

Saking banyaknya pernak-pernik yang lucu dan unik, wisatawan pasti akan bingung dan ingin membeli semuanya. Tapi harus pas dengan budget yah, hahaha.

Nah kamu pilih yang mana nih kalo sebanyak ini stok oleh-olehnya hehehe (foto by Alfha Sari).

Berbagai macam oleh-oleh yang terdapat di pusat oleh-oleh ini dijual dengan kualitas yang bagus asli Bengkulu.

Jangan lupa untuk wisatawan, saat berkunjung ke Bengkulu harus menyempatkan diri untuk membeli oleh-oleh khas Bengkulu. Karena rasanya belum lengkap berkunjung ke suatu tempat, kalau belum membawa oleh-oleh khas tempat tersebut.

By: Alfha Sari

 

Bagikan ke

2 thoughts on “Ini Pusat Oleh-oleh di Bengkulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.