Kacang Telur Atau Kue Bawang, Kamu Yang Mana?

Kue bawang atau di sini oleh masyarakat disebut juga Tusuk Gigi, kalo ditempat kalian disebut apakah guys?

jalanjalankitadotcom – Perayaan lebaran atau Idul Fitri di Indonesia tentu punya begitu banyak ragam tradisi dan kebiasaan, baik soal rangkaian budaya silaturahmi maupun aneka makanan yang disajikan.

Secara Indonesia Raya ini kaya akan ragam budaya dan tradisi, jadinya wajar dunk bila kebiasaan satu daerah dengan daerah lain beda-beda. Tapi kan makin kece, karena kita sebagai warga negara Indonesia, bisa merasakan begitu banyak cita rasa, khususnya soal makanan kalo saya mah wkwkwk…udeh jangan cius amat.

Pan mau lebaran nih sob, jadi waktunya tersenyum, meski sebenarya sedih banget karena bakalan berpisah dengan Ramadhan kali ini, dan belum tentu punya kesempatan untuk bertemu ramadhan berikutnya, hiks hiks…jadi mewe dah kalo bahas ini sob…

(Baca juga: Malabero, Sentra Segala Ikan Asin Bengkulu)

Udeh ah, yuk tetep fokus ma soal makanan, ehhh ehh kok makanan yah hahaha… lah iya kan udah diarahin ke makanan tuh dari paragraf dua coy hehe.

Ane belum sih survei ampe beberapa provinsi githu, soal beberapa makanan ringan ataupun aneka pangan yang selalu disajikan saat hari raya gini. Tapi dari beberapa budaya berbeda di Bengkulu, Lampung, Jawa dan Sumsel, ada satu garis benang merah yang kayaknya nyaris-nyaris sama githu deh menurut ane.

Bisa dibilang ini jenis panganan tradisional kali yah, dan nongolnya pun gak setiap saat.

Tapi gini yah, kita belum akan bahas soal resep dan komposisi masing-masing makanannya yah, soale bab itu ane belum sempat ambil mata kuliahnya hahahaha  😀  😀  😆

Ada empat varian utama panganan lebaran nih yang ane temui kalo di Bengkulu ini. Pada umumnya di hampir setiap rumah, akan terdapat minimal satu atau lebih dari 4 panganan berikut:

  • Kacang Telur
  • Peyek Kacang
  • Kue Bawang / tusuk gigi
  • Tempe Goreng Kering

Nah sodara-sodara, adakah diantara kalian yang kagak kenal ama ke-4 atau salah satu dari 4 panganan tradisional tadi??

Kalo ada, wahh kudhu banyak-banyak blusukan lagi deh kayaknya mas broww dan sista semua hehehe, biar nemu panganan yang aneh dan unik-unik khasnya Indonesia githu.

Karena sudah dekat dengan hari raye, sejak beberapa hari terakhir ini nyaris di setiap rumah udah pada sibukan dengan wajan dan tongkat ajaib penggorengan alias irus coy hahaha, bener gak?  😎  😀  😆  😆

Salah seorang sepupu ane lagi asik ngublek-ngublek wajan penggorengan kesayangan sejak beberapa hari lalu, hasilnya udah beberapa bungkus kue dan panganan ringan dihasilkan yang dijamin bikin ngiler, apalagi di siang bolong pas lagi lapar-laparnya wkwkwk.

Yah kalopun ada yang masih santai-santai dan fokus menikmati rangkaian ibadah puasa, biasanya sih masak kue-kue atau panganan nya di pasar mas vrohh, alias beli jadi ya gak. 😆  😆  😆

Ehhh bahasan kita kali ini tanpa melupakan ketupat lah ya, kalo itu kan soale kelas makanannya udah rada berat githu, kalo yang ini tadi kan panganan ringan semua.

Saudara sepupu ane nih misalnya, disaat kami masih sibuk dengan aktifitas kerjaan kantor, dianye udah asik aja tuh ngublek-ngublek wajan penggorengan, dan udah ngasilkan berbungkus-bungkus kue dan beberapa panganan ringan lainnya…yah ini mah pasti orderan kayaknya wkwkwk. 😀  😀  😀  😮

Yang beliau bikin nih, lengkap ke-4 item yang ane sebutkan tadi, ya kacang telur, peyek kacang, kue bawang alias tusuk gigi (penyebutan kue ini oleh warga Bengkulu), hingga tempe goreng kering.

Pilih yang mana sob, Peyek Kacang? Kacang Telur atau Tempe Goreng Kering? sok
dicicip atuh akang dan teteh, jangan malu malu xixixi.

Tuh liat aja di fotonya, udah siap saji semua guys, bikin ngiler aje ngeliatnya pas lapar-lapar gini hahaha.  😮  😯  😀  😀

Yang menarik nih, penyebutan kue bawang itu yah. Tempo dulu ane sempat bingung kenapa disebut kue bawang, pan bentuknya sama sekali jauh kemiripannya dari bawang coy.

Rupanya eh rupanya, dinamakan demikian karena salah satu bumbu utamanya itu ya cuma bawang yah (ngarang hahahaha). Tapi beneran loh, pasti keliatan kok ada irisan bawang nya yang udah kering githu di kuenya.

Lebih aneh lagi, juga disebut tusuk gigi, ayayyy…perasaan gede githu yah, mana muat di sela-sela gigi wkwkwkk.  😀  😆  😀

Tuh kue bawannya digoreng ampe kering githu, jadinya renyah berasa pas dikunyah sob.

Dan Peyek, is the most favorit ever deh, rasanya nyaris setiap rumah ada noh nih panganan. Seminim minimnya kita pasti pernah nyicipinnya ntah di kantin sekolah (makan 4 bilangnya 3 kan hahaha hayo ngaku wkwkwk), ataupun pas di acara kondangan.

Jadinya ane mau nanya nih, kalo di rumah kamu-kamu sobat traveller, panganan apa sajakah yang biasanya gak pernah absen apalagi telat hadir? Apakah sama atau justru ada pangan lainnya yang lebih khas. 🙄  😎  😀  😆

Tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan dari Blogger Bengkulu untuk #nulisserempak tentang #lebarandibengkulu #akubloggerbengkulu.

Bagikan ke

6 thoughts on “Kacang Telur Atau Kue Bawang, Kamu Yang Mana?

  1. Peyekk…uyee….peyek peyek peyek 😁

    Kalau kami di Rumah dari keempat cemilan di atas paling suka peyek. Spertinya peyek sering menghiasi Rumah saat lebaran hehehhe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*