Masuk Pantai Sungai Suci, Sekarang Gratis Loh!

Pantai Sungai Suci di desa Pasar Pedati Kec. Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah.

JalanJalanKita.com – Meski saya tinggal di desa yang sama, namun dulu saya cukup malas masuk ke kawasan Pantai Sungai Suci. Tak lain karena saya memang risih dengan pungutan masuk, yang dipungut lebih dari satu kali, pun ditambah karcis retribusi yang tak jelas.

Bukan tak bersedia membayar, tapi naluri jurnalistik seringkali membuat saya protes dan balik bertanya ke petugas, mana karcis resminya dan berapa tarif di karcis hehehe (biasanya sih nyonya langsung negur dan bilang udah bayar aja hehehe).

(Baca juga : Rejeki Dua Kupon Snack dari Sopir Truk Ekspedisi)

Namun semuanya kini sudah berubah drastis, bila masuk ke kawasan Sungai Suci, Anda tak akan lagi dipungut biaya apapun seperti sebelum-sebelumnya (setidaknya ini yang JJK rasakan).

Dua jembatan gantung menghubungkan “Pulau Lot” nya versi Bengkulu di Pantai Sungai Suci.

Kini pengeluaran yang harus kita siapkan, tak lain murni untuk membayar layanan yang disiapkan pedagang, seperti menyeberangi jembatan gantung tali, dan membayar parkir kendaraan di lokasi kita parkir.

Inilah tampilan dan suasana baru yang JJK (JalanJalanKita.com) dapatkan, saat mengunjungi Pantai Sungai Suci pada Minggu 12 Februari lalu.

Awalnya sih memang iseng saja sekedar mau melintas sekalian pulang ke rumah orang tua sehabis kondangan. Begitu masuk, cukup terkejut karena tak adalah para penunggu gerbang yang biasanya standby.

Salah satu view pemandangan di Pantai Sungai Suci Bengkulu Tengah.

Lebih surprise lagi, karena sampe kami duduk-duduk tak jauh dari lokasi jembatanpun, tak ada nih tangan-tangan pemungut retribusi, seperti yang dulu kita temukan di kawasan Pantai Panjang.

Pantai Sungai Suci memang selalu menarik perhatian, karena memang di sini tersedia begitu banyak spot indah untuk bersantai, sembari menikmati suara deburan ombak dan semilir angin laut. Terlebih meski ada di kawasan Kabupaten Bengkulu Tengah, namun lokasinya sangat gampang dijangkau dari Kota Bengkulu.

Pantai Sungai Suci adalah Obyek wisata yang terletak di Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah. Bentangan pantai yang didominasi ceruk-ceruk bertebing curam, membentang dari ujung ke ujung sekitar 2 kilometer.

Juga terdapat banyak lokasi bersantai yang disiapkan para pedagang, dengan harga jual minuman-makanan ringan yang juga murah meriah.

Dari Kota Bengkulu, lokasinya hanya berjarak tak lebih dari 12 kilometer dari Kota Bengkulu, atau 30 menit perjalanan kendaraan (sekitar 25 km) dari Bandara Fatmawati Bengkulu.

Tapi buat sobat dari luar Bengkulu, jangan kaget bila berkunjung ke sini nantinya tak menemukan aliran sungai seperti namanya. Ini karena Pantai Sungai Suci memang benar-benar bukan nama sungai, melainkan nama kawasan tepian pantai.

Yang paling menarik minat pengunjung saat mendatangi lokasi ini, tentu keberadaan sebuah pulau kecil yang diibaratkan sebagai Pulau Lot-nya Bengkulu brow. Untuk mencapai pulau inipun, kita harus menyeberangi jembatan gantung, yang kini sudah ada 2 buah dengan bahan utama tali tambang dan potongan papan, dengan penahan beban di kedua sisi ujungnya.

Warga juga makin kreatif, dengan menambahkan berbagai pernak-pernik lukisan/coretan sederhana pada media papan untuk menambah elok tampilan kawasan Pantai Sungai Suci.

Spot jembatan gantung inipun, jadi salah satu spot wajib kamu berfoto saat berkunjung kemari sob. Jangan sampe melewatkan moment berpose di sini, meskipun kamu pasti cukup merinding saat meniti papan demi papan lantai jembatannya hehehe (tetep safety first ya saat berfoto di sini).

Untuk menikmati sensasi jembatan gantung di atas deburan ombak Samudera Hindia ini, kamu cukup merogoh kocek Rp 5 ribu per orang sob.

Menyeberangi Jembatan Gantung = Cuma Rp 5 ribu per orang

Pantai Sungai Suci merupakan salah satu objek wisata, yang menjadi andalan di Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu.

Nah bila waktu kamu masih lapang, kamu juga wajib cobain bersantai dan berpose di sisi karang yang lain dengan latar belakang pulau ini. Posisinya persis ada di sebelah Pulau.

Tetap sejuk meski menghadap langsung ke laut lepas Samudra Hindia.

Di sini juga tersedia banyak pilihan spot berfoto dan pondok bersantai, dan tak ada tarif sih untuk kamu numpang duduk di pondok-pondok ini, tapi diharapkan pengertiannya dengan cukup berbelanja minuman ringan atau makanan ringan dari pedagang yang berjualan kok.

Nah bicara soal menu minuman makanan, di sini ada mulai dari kelapa muda, es jeruk, jus ampe kopi item. Rata-rata sih tarifnya dipatok Rp 5-10 ribuan githu (murah meriah kan).

Satu dari dua gerbang masuk menuju Pantai Sungai Suci di Bengkulu Tengah.

Yang jelas kalo ke sini, kita gak perlu khawatir kepanasan ataupun kehujanan saat hujan mengguyur. Banyak tersedia lokasi tempat duduk lengkap yang sudah dibangun pedagang kok. Bicara lokasi parkir, juga sangat luas dan tarif parkirnya juga normal alias gak sadis deh.

Nah berhubung sudah gratis tis tis, wajib nih kamu sering-sering hunting foto kece kemari hehehe…happy weekend…

(RTO-030)

Bagikan ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.