Pantai Linau, Beningnya itu Bikin Gak Mau Berpaling Sob!

Salah satu view dari spot dermaga Pantai Linau Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu.

JalanJalanKita.com – Dari sekian banyak titik pantai yang indah-indah di Provinsi Bengkulu ini, pantai yang satu ini juga wajib masuk daftar lokasi yang harus loe kunjungin sob.

Soalnya nih pantai dah lama banget jadi salah satu ikon di Bengkulu ini, dan memang menjadi satu-satunya pantai paling jernih nih di Provinsi Bengkulu. Lawan sepadan jernihnya nih pantai sih, menurut ane paling mungkin ditandingi oleh pantai-pantai yang ada di kepulauan Enggano. (sayang JJK baru bisa ngimpi doank mau kesana sob wkwk..moga-moga dikabulkan deh buat segera hunting ke sana juga hehe).

(Baca juga : Di Pantai Ini, Berasa di Belahan Negara Mana Githu! )

Nah mengulas detil keindahan nih Pantai Linau, ane rasa sulit emang kalu harus semuanya dijelasin ma kalimat sob. Gambar-gambar serta link video youtube yang kami tautkan, semoga sudah bisa mewakili semua penjelasan ringkas berikut ini.

Nah ini view dari tepi pantai menghadap ke arah Dermaga Pantai Linau Kabupaten Kaur.

Yap, Pantai Linau is the most famous place nya di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu sob. Kabupaten ini merupakan salah satu hasil pemekaran yang dilakukan, dari kabupaten induknya yakni Kabupaten Bengkulu Selatan.

Kaur, punya banyak potensi wisata alam yang ampe kini memang masih sangat minim terekspos ke publik apalagi dikelola oleh pemerintah daerah.

Kabupaten Kaur sendiri berada persis di perbatasan Provinsi Bengkulu dan Provinsi Lampung, tepatnya berbatasan dengan Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung. Cara gampang ngingatnya sih, kalu kita mau ke Pulau Jawa melalui jalur darat baik dari Bengkulu ataupun Sumatera Barat dan kawasan lain di daerah Jalan Lintas Barat Sumatera, pastinya akan melintasi kawasan ini.

Tak heran, Pantai Linau biasanya selalu ada aja yang mengunjungi, biasanya oleh para pengendara yang beristirahat sejenak sembari menikmati indahnya Pantai Linau.

(Baca juga : Pantai Way Hawang, Hikayat Si Pahit Lidah dan Malin Kundang! )

Nah kalau dari Kota Bengkulu sih, untuk mencapai Pantai Linau ini memang sampai saat ini (Januari 2017) masih harus menggunakan akses jalan darat sebagai satu-satunya akses jalan (selain jalur laut sob tentunya).

Dari Kota Bengkulu, baik dengan menempuh perjalanan menggunakan sepeda motor maupun roda empat, biasanya butuh waktu antara 4 sampai 5 jaman deh, buat sampai di potongan surga kecilnya Indonesia ini hehehe, gak terlalu lama toh. Posisi Pantai Linau sendiri, kalau dari arah Kota Bengkulu, itu 20-an menit setelah Ibukota Kabupaten Kaur, yakni Kota Bintuhan.

Lagian rasa capek dan lelah selama perjalanan, ane jamin dibayar lunas gak pake ngutang sob begit tiba dimari. Selain gratis alias tanpa pungutan karcis apapun untuk duduk-duduk santai di bawah rindangnya pohon-pohon yang ada, kamu juga bisa memilih beberapa spot berbeda untuk mendapatkan view pemandangan terbaik.

Nah kalu bawa sepeda motor, bisa langsung parkir di atas dermaga ini sob.

Kalau JJK sih pilihan pertamanya, langsung menuju dermaga yang sampai nih hari masih digunakan beberapa kapal untuk bersandar.

Dari spot dermaga ini, JJK bisa dapetin 2 hingga 3 view panorama terbaik nih. Pertama jelas view landscape hamparan putihnya Pantai Linau dari sudut yang berbeda, yakni dari sisi laut. Aseli keren sob pokoke.

View jernihnya air Laut Pantai Linau dengan latar terumbu karang yang menghampar, view ini bisa didapat bila kita berdiri di area dermaga Pantai Linau.

Nah selain view hamparan pasir putih, kamu juga bisa dapet view panorama terumbu karang hijau yang ada di sisi kiri dermaga hingga ke bagian ujung pantai. Air lautnya yang jernih aseli, super duper bikin bikin viewnya makin mantep sob. Nah dari titik ini, aksi cekrak cekrek kamu mesti dimulai, rugi bandar aseli deh udah sampai sini kagak bikin pose narsis.

Masih seperti foto di atas, view dari titik yang sama juga akan bagus bila kita sedikit menghadap ke kanan.

Nah view ketiga, yakni birunya air laut Pantai Linau sob, wah kereenn. Tapi untuk berenang ataupun mandi, JJK belum berani kasih recomended sih, belum nyobain, soalnya dermaga  ini kan menghadap langsung ke samudera lepas, jadi kalau udah siang hari, arus bawah airnya takutnya udah kenceng.

Puas di spot dermaga, kita bisa pindah ke spot tepian hamparan pasir putih, yang bisa bikin nih mata silau abis saat tengah hari. Nah ininih langganan spot foto terbaik para travellers yang mampir sob. Kalu cuaca lagi panas, kamu tinggal pilih lokasi berteduh di bawah  pohon-pohon rindang ataupun auning-auning punya para pedagang setempat.

Pantai Linau selain terkenal dengan air lautnya yang super jernih, juga sangat terkenal karena hamparan pasirnya yang memutih.

Kalu mau lebih seru lagi, kamu juga bisa nyobain naik perahu motor warga, yang akan ngajak kamu berkeliling di sekitar pantai selama beberapa menit. Sayangnya pas JJK berkunjung, suasana lagi sepi jadi kagak keliatan nih perahu sewa.

Lebih manteb sih, istirahat di sini sambil ngemil atau makan siang sob. Semilir angin ama view yang yahud, bakal bikin kita aseli betah deh makan lama-lama hahaha. Untuk urusan makan, sobat gak perlu kawatir bila lupa membawa bekal sendiri.

View dari tepi Pantai Linau.

Di sini ada begitu banyak pilihan lokasi makan, mulai dari warung nasi biasa, makanan ringan seperti lotek dan lainnya, hingga aneka sajian pangan seafood juga ada sob. Nah demennya JJK kalau ke Linau, adalah menyantap sate dan tongseng Gurita. JJK sih punya satu tempat langganan di sini, namanya Rumah Makan Siang Malam.

Ada aneka olahan seafood di sini, ditambah lokasi parkir yang luas dan tempat makan yang nyaman dan bersih. (Lengkapnya baca di sini sob)

Selain kedua spot tadi, masih ada satu spot tambahan yang bisa juga untuk menikmati panorama Pantai Linau dari kejauhan (gak jauh-jah amat sih, paling sekitar 300-500 meter hehehe).

View ini masih dari kawasan spot dermaga, di seberang terlihat hamparan pasir putih tepian Pantai Linau yang bisa kita nikmati dari sisi berbeda.

Spot ketiganya ini, ya dari kawasan lesehan dan rumah makan seafood yang berderet di sepanjang tepi pantai persis sebelum Pantai Linau kalau dari arah Bengkulu sob.

Selain bisa enak nyantai sambil makan olahan seafood, kita juga bisa memandang keindahan Pantai Linau. Atau juga buat sobat yang punya waktu lebih longgar, akan lebih oke kalau menikmati sunset dari spot ini. Nice weekend ya sob…..

nah pose terakhir seperti biasa, narsis dulu ya brow…hahaha semoga liburan kamu menyenangkan.

(RTO030)

Bagikan ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.