Pantai Panjang Bengkulu, Pesona Yang Tiada Duanya

Pantai Panjang Bengkulu, salah satu destinasi wisata di Bengkulu yang wajib dikunjungi.

JalanJalanKita.comMenyebutkan kata “Bengkulu” atau kata “wisata Bengkulu, wisata di Bengkulu”, rasanya nyaris seluruhnya sepakat untuk menyebutkan juga kata “Pantai Panjang” pada urutan pertama.

Yap, Pantai Panjang Bengkulu memang semakin terkenal, dan menjadi salah satu trademark utama pariwisata di Kota Bengkulu bahkan Provinsi Bengkulu secara umumnya saat ini.

(Baca juga : Kini Ada Rumah Pohon di Pantai Panjang Lho!)

Nama Pantai Bengkulu makin terkenal, sejak era Gubernur Bengkulu saat itu yakni Agusrin M. Najamudin, merubah total tampilan kawasan pantai ini dengan sejumlah pembangunan sarana dan tampilan yang benar-benar baru.

Salah satu penampakan Pantai Panjang Bengkulu dari udara. (foto courtesy youtube).

Bagi Anda yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di Bengkulu khususnya di Kota Bengkulu, maka destinasi wisata Bengkulu yang satu ini paling wajib dan paling harus didulukan untuk dikunjungi.

Ada banyak alasan kemudahan kenapa Pantai Panjang Bengkulu ini harus dikunjungi pertama kali. Salah satunya karena ada begitu banyak akses jalan untuk menuju ke lokasi ini dari berbagai sudut dan titik di Kota Bengkulu.

Kemudian lokasinya juga begitu dekat dan memang masih berada di kawasan pusat Kota Bengkulu (Hanya beberapa ratus meter dari Kantor Gubernur Bengkulu loh).

Pantai Panjang Bengkulu membentang sepanjang sekitar 7 kilometer.

Selain itu, tak peduli Anda menginap dalam waktu singkat ataupun lama di Bengkulu, pasti Anda sempat untuk singgah atau bahkan sekadar melintas di kawasan ini.

Ini karena akses jalan di kawasan ini, memang sekaligus menjadi salah satu akses perlintasan warga, yang lewat bukan hanya karena ingin berwisata, tapi juga karena akan menuju lokasi kerja, ke pasar dan lain sebagainya.

Pengunjung yang benar-benar baru mengunjungi Pantai Panjang Bengkulu, juga dijamin tak akan tersesar dan sangat mudah menemukan lokasi ini. Kawasan wisata Bengkulu yang satu ini memang terletak di daerah yang strategis.

Penampakan Pantai Panjang Bengkulu di Google Street (lihat lengkapnya di sini).

Pantai ini diberi nama Pantai Panjang, karena memang memiliki garis pantai yang sangat panjang, yaitu sekitar 7 kilometer. Dengan bentang pantai yang segitu panjang, kebayangkan bila kita bisa mengeksplore pantai ini dari setiap sudut yang ada tanpa tiada habisnya.

Tapi secara umum, JJK (JalanJalanKita.com) membagi kawasan Pantai Panjang ini menjadi 6 kawasan dalam penyebutan istilah warga lokal, untuk memberi deskripsi lebih tepat lokasi yang dituju. Secara umum, oleh warga Bengkulu, Pantai Panjang terbagi atas 6 bagian utama, yakni:

  1. TWA Pantai Panjang

Bagian ini, sepertinya memang belum begitu populer, karena memang masih dalam pengembangan awal meski sudah ada sejak lama. Taman Wisata Alam (TWA) Pantai Panjang, berada di sisi paling ujung selatan Pantai Panjang Bengkulu, atau bisa dibilang merupakan bagian paling ujung di sisi selatan. (Baca selengkapnya di sini).

Akses masuk menuju Taman Wisata Alam (TWA) Pantai Panjang.
  1. Pasir Putih

Pantai Pasir Putih, terletak di sisi bagian ujung sebelah selatan Pantai Panjang Bengkulu, tepatnya bersebelahan dengan kawasan TWA Muara Dua. Kawasan ini merupakan salah satu akses titik masuk ke Pantai Panjang dari sisi ujung selatan, yang berada tak jauh dari kantor Gubernur Bengkulu.

Kawasan Pantai Pasir Putih Pantai Panjang Bengkulu.

Salah satu ciri penanda kawasan ini, adalah keberadaan Patung Gajah di depan salah satu resort, yakni Hotel Pasir Putih yang memang sudah ada sejak lama. Dulunya di kawasan ini, memang sering ditampilkan atraksi gajah koleksi Way Kambas Lampung yang sengaja didatangkan secara khusus. (baca selengkapnya di sini).

  1. Sport Center

Nah bagian ketiga ini memang bukan pantai sebenarnya, melainkan kawasan khusus yang dibangun pemerintah Provinsi Bengkulu, yang dilengkapi sejumlah fasilitas olahraga dan lainnya, sehingga menjadi salah satu pusat aktifitas warga atau pengunjung Pantai Panjang Bengkulu.

Kawasan Sport Center Pantai Panjang Bengkulu dalam Google Street (lengkapnya lihat di sini).

Lokasinya juga berada persisi di bagian tengah-tengah bentangan Pantai Panjang Bengkulu, sehingga menjadi titik pertemuan utama setiap pengunjung yang berlalu lalang dari kedua sisi Pantai Panjang Bengkulu sob.

(Baca juga : Santai Bareng Keluarga, Paling Cocok Ya di Sport Center)

Sport Center Pantai Panjang Bengkulu, biasanya juga menjadi salah satu pusat kegiatan utama jajaran pemerintah setempat, khususnya saat menggelar event-event regional maupun nasional.

Keramaian Sport Center Pantai Panjang Bengkulu saat weekend.

Selain karena kelengkapan sarana dan luasnya area parkir, di kawasan inilah para pengunjung bisa mendapatkan spot foto utama ikonik Pantai Panjang Bengkulu, yakni berupa tulisan Pantai Panjang dengan ukuran raksasa, dengan latar belakang hamparan pantai dan lautan samudera Hindia.

Titik ini merupakan titik wajib berfoto, khususnya bagi Anda yang ingin punya oleh-oleh cerita dan kenangan dokumentasi. (Selengkapnya baca di sini).

  1. Pantai Berkas

Kawasan Pantai Berkas dicirikan dengan keberadaan lapak-lapak pedagang jagung bakar, yang menyiapkan kursi-kursi dan meja untuk bersantai di sisi tepian pantai, sehingga pengunjung bisa betah duduk-duduk berlama di sini.

Jalan pariwisata Pantai Panjang Bengkulu di kawasan Berkas (Lihat dalam versi Google Street lengkapnya di sini).

Di kawasan ini juga terdapat dua ikon lesehan dan rumah makan kuliner utama Pantai Panjang Bengkulu, yakni Rumah Makan Marola dan Lesehan Kerapu yang sama-sama terkenal dengan aneka olahan makanan seafood dan ikannya.

Tak jauh dari lokasi ini, juga terdapat pusat oleh-oleh ikan asin Bengkulu. Pengunjung bisa dengan mudah menemukan lokasi oleh-oleh ikan asin ini, karena posisi kios-kios pedagang berada persis di tepi jalan di sisi pantai. (selengkapnya baca di sini).

  1. Pantai Tapak Paderi

Pantai ini berada persis di sebelah Benteng Malborough, karena memang dulunya kawasan ini, pernah dijadikan sebagai pelabuhan utama Kota Bengkulu sejak jaman Inggris, sebelum akhirnya lokasi pelabuhan dipindahkan ke kawasan Pulau Baai.

Kawasan Pantai Tapak Paderi akan sangat mudah ditemukan, saat kita mengunjungi Benteng Malborough. (selengkapnya baca di sini).

  1. Pantai Pasar Bengkulu

Nah dari seluruh bagian yang JJK ceritakan tadi tentang Pantai Panjang Bengkulu, bagian terakhir inilah yang biasanya para pengunjung diperkenankan untuk mandi-mandi atau bermain hingga berenang di pantainya.

Lekuk pantainya yang sedikit meneluk dan landai, membuat kawasan ini memang jauh lebih ramah pengunjung dibandingkan 5 bagian Pantai Panjang Bengkulu lainnya.

Pantai Pasar Bengkulu, destinasi wajib bagi pengunjung yang ingin mandi atau bermain air di Pantai Panjang Bengkulu (lihat lengkap di Google Street).

Untuk itu, bagi Anda yang memang sejak awal berniat untuk bermain air, berenang, mandi, berenang dengan ban, bermain banana boat, maka lokasi inilah yang harus langsung Anda tuju. (selengkapnya baca di sini).

Nah di luar semua bahasan bagian di atas, seperti soal fasilitas dan kebutuhan akses sarana transportasi, tidak perlu Anda khawatirkan. Di sepanjang kawasan ini khususnya mulai dari kawasan Pantai Pasir Putih hingga Pantai Berkas, terdapat begitu banyak pilihan penginapan yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Sementara untuk kebutuhan akses transportasi, bila tak mau repot Anda tinggal minta layanan hotel/penginapan untuk memesankan taxi ataupun mobil sewaan/rental.

(RTO030)

Bagikan ke

2 thoughts on “Pantai Panjang Bengkulu, Pesona Yang Tiada Duanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.