Rumah Soekarno, Tour Guide Istimewa Ridwan Kamil

Kang Emil (Ridwan Kamil) didampingi Sudoto (Plt Sekprov Bengkulu) & Ediarsyah (Asisten III Pemprov Bengkulu) saat menggelar jumpa pers dalam kunjungannya ke Rumah Soekarno pada Rabu (15/3) malam.

JalanJalanKita.com – Kebayangkan serunya kalo yang jadi tourguide travelling kita bukan orang sembarangan alias public figur gitu, pasti seru dan top markotop deh jadinya.

Nah baru-baru ini Kota Bengkulu mendapat kunjungan istimewa dari salah seorang public figur ternama tanah air.

Dia adalah Walikota Bandung saat ini, yakni Ridwan Kamil yang akrab disapa sebagai Kang Emil, yang berkunjung ke Kota Bengkulu pada Rabu 15 Maret lalu.

(Baca juga: Astana Giri Bangun, Komplek Makam Presiden Soeharto & Ibu Tien)

Kita mah mengira beliau akan stay dalam beberapa hari, karena bersamaan dengan HUT Kota Bengkulu ke-298 yang puncaknya diperingati pada Kamis 16 Maret.

Eh rupanya agenda beliau bener-bener dipadatkan sedemikian rupa, bahkan agenda kunjungan ke beberapa lokasi dilakukan hingga malam hari.

Nah selain datang atas undangan khusus pemerintah daerah, beliau juga datang sebagai Duta Yayasan Soekarno. Ini artinya Kang Emil datang sekaligus membawa misi, untuk mempromosikan seluruh pernak pernik jejak peninggalan Soekarno di Bengkulu.

Nah ada beberapa objek wajib yang jadi prioritas kunjungan beliau, bahkan hingga malam hari sekalipun, yakni Rumah Bung Karno di kelurahan Anggut Atas dan Masjid Jamik di Kelurahan Pintu Batu Kota Bengkulu.

Dua objek wisata ini, beliau kunjungi persis setelah mengikuti jamuan ramah tamah yang digelar pemerintah Provinsi Bengkulu di Balai Semarak.

Ridwan Kamil saat mengamati beberapa benda penting peninggalan Bung Karno.

Begitu acara resmi ditutup, beliau nih langsung mengajak rombongan bergerak menuju Rumah Bung Karno. Kayaknya nih bapak semboyannya mirip-mirip “Ikan Sepat Ikan Gabus, Makin Cepat Makin Bagus” yah hehehe.

Jadilah malam itu sekitar pukul 21.00 WIB lebih, beliau dan rombongan meluncur ke komplek Rumah Bung Karno.

Nah begitu masuk halaman rumah Bung Karno, yang menjadi perhatian beliau adalah plang merek utama Rumah Bung Karno di bagian depan yang terbuat dari beton dilapis keramik. Kang Emil langsung meminta crewnya untuk mengabadikan beberapa pose.

Secara khusus Kang Emil langsung minta dijepret di sini begitu tiba di Rumah Bung Karno di Bengkulu.

Tak lama beliau langsung menuju pelataran dan masuk ke bagian Rumah Bung Karno. Ruangan pertama yang dituju adalah ruang kerja Bung Karno, yang berada di sayap kiri bagian depan rumah.

Di ruang ini, beliau awalnya mendapat beberapa penjelasan pengantar dari penanggung jawab Rumah Bung Karno, baik tentang literasi koleksi buku-buku milik mantan Presiden RI pertama Soekarno, hingga sejumlah foto dokumen termasuk kertas rancangan pembangunan rumah yang lengkap dengan seluruh detilnya.

Nah di sini sepertinya rombongan sempat shock, karena beliau justru jauh lebih mengetahui dan memahami karakter Soekarno termasuk terkait barang-barang yang beliau tinggalkan.

Baru deh kita ngeh, beliau punya segudang pengetahuan tentang Soekarno dana segala ilmu kearsitekan beliau, selain karena berasal dari kampus yang sama yakni ITB atau IHS di jaman dulu, rupanya juga karena beliau, adalah Duta Yayasan Soekarno Bengkulu.

Kang Emil dan Plt Sekprov Bengkulu, Sudoto di ruang kerja Bung Karno.

Jadilah akhirnya seluruh yang hadir, termasuk kami para jurnalis, yang justru terpukau dengan detil demi detil penjelasan beliau tentang seluruh benda-benda Soekarno yang tersimpan. Seluruhnya bisa Kang Emil Ceritakan denhan gamblang dan lancar.

Kang Emil berpose bersama dengan seluruh rombongan.

Yah akhirnya bukannya orang Bengkulu sebagai tuan rumah yang men-tourguide beliau, tapi malah kami yang keasikan mengikuti langkah demi langkah beliau yang terus memberi penjelasan dari setiap benda peninggalan yang kami lihat.

Jadinya pengen nanya nih, sebenarnya yang didapuk sebagai tourguidenya siapa yah hehehe. Nah biar gak penasaran, ada bagusnya sobat simak langsung Video Blog dari Kang Emil berikut ini ya:

(RTO-030)

Bagikan ke

2 thoughts on “Rumah Soekarno, Tour Guide Istimewa Ridwan Kamil

  1. msih harus sabar sepertinya, atau sebenarnya sosok yg seperti ini msh enggan tampil di publik Bengkulu kali ya bang hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.