Tradisi Unik Ziarah Akbar di Mukomuko

Masyarakat Kecamatan Selagan Raya Kabupaten Mukomuko saat menggelar ziarah akbar pada hari kedua Idul Fitri 1439 H lalu.

jalanjalankitadotcomLain Ladang Lain Belalang, Lain Lubuk Lain Ikannya, demikian salah satu pepatah lama yang menggambarkan tentang keragaman tradisi maupun budaya antar daerah.

Seperti yang kami temukan di Desa Sungai Ipuh Kecamatan Selagan Raya Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu berikut ini, yang terbilang sangat unik dan bisa jadi belum ada di daerah lain.

Adalah Ziarah Akbar, salah satu tradisi masyarakat di kecamatan Selagan Raya Kabupaten Mukomuko, yang digelar pada setiap hari kedua Idul Fitri.

Sebenarnya ziarah merupakan salah satu hal lumrah di kalangan masyarakat Indonesia di berbagai wilayah, yang digelar setelah hari raya idul fitri. Namun di sini kegiatan ziarah dikoordinir secara khusus, sehingga menjadi sebuah acara bersama yang terkoordinir.

Awalnya seperti di daerah-daerah lain, ziarah hanya dihadiri masing-masing keluarga ataupun perseorangan.

Kegiatan ini dipelopori oleh Ikatan Pelajar dan Pemuda Desa Sungai Ipuh (IPPDSI) di Desa Sungai Penuh pada setiap lebaran idul fitri kedua.

Kegiatan ini pertama kali digelar pada tahun 2015 lalu, dengan niat awalnya menyatukan satu desa yang telah dimekarkan.

Namun kegiatan ini rupanya mendapat antusiasme yang luar biasa dari masyarakat, yang terlihat dari jumlah peserta yang lebih dari 1.000 orang.

“Rencana kita awalnya cuma untuk menyatukan 3 desa, yang awalnya satu desa tetapi sudah pemekaran. Nah alhamdulillah setelah 3 tahun ini, pesertanya lebih dari 1000 orang yang hadir,” terang Jeka, salah seorang tokoh pemuda setempat.

Alhasil kegiatan unik inipun mampu menyedot perhatian tak hanya dari para peserta ziarah, namun juga dari masyarakat sekitar yang kebetulan melintas ataupun bertandang.

Saat ini Ziarah Akbar sudah menjadi salah satu agenda wajib bersama masyarakat Selagan Raya, yang juga menjadi ajang silaturahmi antar desa. #wisatabengkulu #budayabengkulu

Bagikan ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.