Wisata Pecinan, Kampung Cina Bengkulu Zaman Now

Salah satu sudut pemandangan baru di Kampung Cina atau Wisata Pecinan Kota Bengkulu setelah mengalami renovasi.

Jalanjalankitadotcom – Semakin cepat dan pesatnya perkembangan teknologi, semakin mudah juga suatu hal diketahui oleh masyarakat luas.

Seperti yang kita ketahui, zaman sekarang sedang marak-maraknya sosial media. Negara kita termasuk salah satu pengguna terbanyak teknologi sosial media.

Mengingat teknologi dan internet yang meluas, serta dijual dengan harga yang terjangkau, anak kecil sampai orang dewasa-pun mengenalnya.

Istilah Kids Zaman Now, yaitu sebutan untuk anak-anak muda “kekinian”. Kekinian dalam hal fashion, budaya, sampai ke tempat-tempat wisata. Dan berkat teknologi jugalah, kekinian tersebut meluas sampai ke telinga masyarakat Indonesia.

Bengkulu salah satunya, tidak mau ketinggalan dengan fenomena anak muda zaman now yang kekinian, yang selalu membuat hal-hal menjadi viral-apapun itu.

Salah satu yang banyak digemari anak muda zaman now yaitu tempat-tempat kekinian. Tidak peduli rumah warga, gang-gang jalan, objek wisata, restoran, ataupun tempat-tempat lainnya.

Banyak sekali tempat-tempat yang disulap menjadi lebih kekinian dengan warna-warni dan menarik perhatian banyak orang, terutama anak muda.

Anak muda Bengkulu, pastinya sudah tahu dengan Kampung Cina. Terdapat wajah yang berbeda dari Kampung Cina yang dulu hingga sekarang. Kampung Cina yang mayoritas ditinggali oleh masyarakat keturunan Tionghoa ini, dulunya meskipun dikenal sebagai wisata sejarah, tetapi tidak hits seperti sekarang.

Sejak dilakukan renovasi oleh Pemerintahan Kota Bengkulu, wajah baru Kampung Cina atau lebih dikenal dengan Pecinan ini semakin menampakkan keindahannya. Perbaikan jalan dan juga trotoar membuat suasana di Kampung Cina lebih hidup.

Wisata ini berada persis di pusat utama Kota Bengkulu di masa kejayaan perdagangan rempah-rempah dahulu. Untuk menemukan lokasi inipun cukup mudah, karena hampir semua warga di Bengkulu pasti mengenal Kampun Cina dengan baik.

Penambahan beberapa ornamen pendukung termasuk sejumlah kursi untuk pengunjung bersantai yang membuat tampilan Wisata Pecinan benar-benar zaman Now. (foto by Alfha)

Wajah Baru Kampung Cina

Anak muda zaman now biasa menyebutnya dengan Wisata Pecinan. Tempat wisata sejarah yang dulunya sepi pengunjung dan nampak suram, sekarang menjadi tempat tongkrongan hits bagi anak muda.

Tidak hanya anak-anak muda yang mengunjungi, tempat ini juga menjadi wisata untuk berlibur bersama keluarga. Meluasnya informasi wajah baru Kampung Cina ini pun hampir setiap hari selalu ada masyarakat yang berkunjung untuk berjalan-jalan dan berfoto mengabadikan momen. Bahkan di malam hari terutama malam minggu, tempat ini ramai oleh pemuda-pemudi.

Disini juga terdapat kursi hits untuk tempat duduk bagi para wisatawan dan anak muda. Sehingga tempat ini bukan hanya untuk berjalan-jalan saja di pinggir trotoar, tetapi pengunjung juga bisa beristirahat sejenak disini menikmati keindahan dan suasana kampung khas Cina.

Di siang hari memang terlihat lengang, tapi kalo malam hari, beuhhh yang nongkrong mah bejibun, penuh ma anak-anak muda. (foto by Alfha).

Instagrammable

Dengan wajah baru yang cerah dan membuat suasana Kampung ini semakin hidup, Wisata Pecinan juga sangat baik sekali untuk tempat berfoto, atau sering disebut oleh anak muda zaman now yaitu Instagrammable.

Meskipun tidak sedikit rumah yang sudah di renovasi, tapi masih ada banyak juga rumah yang masih kental dengan arsitektur Cina. Dengan begitu, keinginan anak muda untuk berfoto hits disini sangat banyak sekali.

Selain arsitektur khas Cina, terdapat lampu-lampu dengan ukiran Cina berjejer mempermanis jalanan. Tidak heran jika banyak sekali anak muda zaman now yang bergantian datang kesini dan tidak pernah membuat tempat ini sepi lagi.

Meski sebagian besar bangunan sudah direnovasi baik bangunan maupun arsitekturnya, tapi masih ada banyak bangunan yang tetap dipertahankan pemiliknya dengan bentuk yang tak berubah sejak ratusan tahun lalu. (foto by Alfha)

Wisata Sejarah

Tempat hits yang Instagrammable banget buat anak muda zaman now, di tambah dengan belajar sambil berwisata sejarah. Karena sejarah tidak boleh dilupakan begitu saja. Mengingat Kampung Cina tidak terlepas dari sejarah Indonesia.

Kawasan Kampung Cina yang terletak di Kota Bengkulu ini merupakan lokasi yang strategis. Tepatnya yang dekat dengan Pantai Tapak Paderi dan Benteng Marlborough, membuat Wisata Pecinan ini menjadi tempat yang tak boleh dilewatkan oleh wisatawan.

Dengan berjalan kaki sekitar beberapa meter, pengunjung akan dihadapkan dengan Benteng Marlborough. Di Benteng ini kita bisa mengetahui sejarah-sejarah Bengkulu. Dan masih banyak yang dapat kita pelajari mengenai sejarah lainnya.

Jangan lupa saat berkunjung ke Wisata Pecinan, buat stok foto-foto kece sebanyak mungkin untuk memenuhi feed di Instagram kamu ya teman-teman.

(Alfha Sari)

Bagikan ke

4 thoughts on “Wisata Pecinan, Kampung Cina Bengkulu Zaman Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*